Cara Mudah Mengetahui IP Address Website

By | November 14, 2020
cek ip website

Komputer atau server tak mengenali bahasa manusia. Umpamanya tiap kali kita mengetikkan alamat website misalnya www.google.com di bilah alamat URL browser, tentu server tak bisa mengerti apa itu. Pada prinsipnya komputer atau server hanya mengenali alamat IP website. Dibalik tiap domain website ada IP address berbasis Domain Name System (DNS). Bagaimana cara mengetahui IP Address website?

Mengetahui IP Address Website dengan Command Prompt

Prosedurnya sangat simpel. Dari laptop atau komputer yang terhubung ke internet, tekan Start > cmd (Command Prompt). Setelah jendela cmd terbuka, ketikkan : ping <nama domain website yang ingin dicek alamat IP-nya>.

Misalnya kita hendak mengetahui IP address website www.google.com maka ketikkan : ping www.google.com lalu klik Enter untuk mengeksekusi. alamat alamat IP google akan ditampilkan pada baris perintah cmd misalnya : 216.58.199.196. Apabila ingin mengecek apakah alamat IP itu benar atau tidak, jalankan web browser kemudian ketikkan alamat IP tadi di bilah URL. Laman Google akan terbuka secara otomatis di browser bila memang IP address itu benar.

Bisa anda baca juga, kalau anda membutuhkan jasa website yang terbaik.

Perintah lain yang juga bisa digunakan di jendela cmd adalah Tracert. Ketikkan “Tracert” untuk mengetahui IP address website yang dikehendaki diikuti alamat website tanpa menggunakan www. Untuk mengecek IP address Google contohnya, cukup ketikkan : tracert google.com di jendela Command Prompt.

Ketikkan ekstensi website yang benar misalnya menggunakan .com atau .net. Berikan spasi antara kata tracert dengan nama website. Setelah itu tekan tombol enter. Hasilnya adalah : tracing route to google.com [74.125.24.101].

Mengetahui IP Address Website dengan Aplikasi Android

Ada banyak pilihan aplikasi Adroid untuk keperluan mengecek alamat IP sebuah website. Salah satu yang bisa diandalkan adalah PingTools Network Utility. Download PingTools Network Utility dari Google Play Store di ponsel Android. Setelah terpasang di ponsel, jalankan PingTools Network Utility.

Klik ikon “OPEN” dari halaman Play Store, atau klik simbol aplikasi PingTools di layar ponsel. Setelah aplikasi terbuka, klik ikon tiga garis di sudut kiri atas layar. Maka menu pop-out pun langsung muncul.

Pilih menu Traceroute yang ada di sebelah tengah menu pop-out. Ketikkan alamat website yang akan dicek di bilah alamat sebelah atas layar. Umpamanya : google.com bila ingin mengetahui alamat IP website Google. Tak usah menambahkan awalan www. Selanjutnya tekan tombol TRACE. Tombol tersebut ada di sudut kanan atas layar. Aplikasi akan melakukan tugasnya. Hasilnya di bawah kata “Traceroute to [situs web]”, pengguna akan menemukan IP Address. Alamat itu adalah alamat IP untuk website yang sedang dicari dalam hal ini Google.com.

Mengetahui IP Address Website dengan layanan IntoDNS

Cara andal lainnya untuk mencari alamat IP website yaitu memanfaatkan layanan online dari https://intodns.com/. IntoDNS merupakan website handal yang akan memperlihatkan kepada pengunjung informasi mengenai DNS untuk mayoritas website. Untuk mencari alamat IP, tinggal ketikkan nama website yang dimaksud ke dalam kotak pencarian lalu klik Report. Setelah prosesnya berjalan, pengguna dapat menggulir layar ke bawah dan menemukan kolom WWW A Record.

Kolom di sebelah kanan kolom Record A WWW memuat alamat IP untuk website tersebut. Tentunya bukan hanya IntoDNS yang memberikan layanan cek IP Address website. Ada beberapa lainnya yan bisa digunakan seperti whois, DNSWatch dan banyak lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *