Teknik Mudah Cara Menanam Bunga ala Wijaya Kusuma

By | November 5, 2020
cara menanam bunga wijaya kusuma

Masa pandemi Covid-19 dimanfaatkan masyarakat untuk sering-sering beraktifitas di rumah. Salah satu yang sedang tren adalah bertanam tanaman bunga. Tak hanya Janda bolong, berbagai jenis tanaman bunga lainnya pun disukai. Salah satunya adalah bunga wijaya kusuma (Epiphyllum Anguliger). Wijaya kusuma tak cuma memukau, juga aromanya semerbak. Cara menanam bunga wijaya kusuma ternyata tak terlalu sulit.

Bunga wijaya kusuma pun disebut sang ratu malam sebab cuma merekah di malam hari. Wajar bila para penyuka bunga yang satu ini selalu menunggunya sampai larut malam hanya untuk memandanginya bermekaran. Tak sedikit yang lalu mengabadikan momen tersebut dalam bentuk foto atau video. Bunga wijaya kusuma sesudah sempurna merekahnya, ia akan segera layu.

Bunga wijaya kusuma punya ciri tersendiri yakni ukuran bunganya besar, warnanya putih gading dengan tampilan yang sangat cantik. Karena kecantikannya tersebut, kalangan penggemar tanaman hias mulai rajin membudidayakannya. Untuk yang belum tahu, simak cara menanam bunga wijaya kusuma langkah demi langkah berikut ini. Baca & lihat dulu ini, Aliciaflorist.

Persiapan Bibit/Untuk melakukan pembenihan bunga wijaya kusuma, tahap pertama yaitu pemisahan dari tanaman induk. Pilih tunas yang terlihat sehat dengan pertumbuhan yang lebat. Potong bibit dari induknya di bagian pangkal. Sebelum ditanam, akan lebih baik bila bagian yang terpotong tadi direndam dalam larutan desinfektan khusus tanaman untuk mematikan hama atau penyakit yang menempel.

Cara menanam bunga wijaya kusuma pun bisa dilakukan dengan teknik stek daun. Alat yang dibutuhkan hanya pisau kecil yang tajam. Sebelum digunakan, pisau harus diolesi larutan alkohol 95% agar steril terbebas dari bakteri dan jamur pengganggu. Ambil daun dengan kondisi segar dengan warna hijau cerah. Kemudian lakukan pemotongan berukuran 5 cm. Daun tersebut harus dipotong secara rata.

Setelah itu bagian daun yang terpotong tadi disemprot atau dioles dengan larutan hormon pertumbuhan. Tujuannya untuk merangsang akar lebih cepat tumbuh. Biarkan dalam waktu 7-10 hari dengan meletakkannya di tempat teduh tak terkena cahaya matahari langsung. Lakukan pemotongan daun tadi lalu tanam ke media tanam dalam wadah polybag atau pot. Untuk media tanam digunakan campuran tanah, pupuk organik, humus dan pasir yang perbandingannya 3:1:1:2.

Persiapan Media Tanam

Tanaman apa saja termasuk tanaman hias dapat tumbuh secara baik apabila ditanam dalam media tanam yang sesuai. Jadi tak cuma mengandalkan tanah saja sebab saat ini sudah banyak alternatif lain edia tanam.

Yang perlu disiapkan adalah tanah berhumus, pupuk kompos, pupuk kandang, dan pasir dengan perbandingan 3:1:1:2. Campur semua media tersebut hingga merata. Bunga wijaya kusuma pun dapat dibudidayakan dalam media berupa campuran pasir, lumut sphagnum, serta batang paku tiang.

Persiapan Menanam

Begitu media tanam sudah siap, saatnya menanam. Masukkan media tanam dalam pot setelah sebelumnya diberikan lapisan kerikil di bagian terbawah. Tempatkan bibit bunga wijaya kusuma kira-kira dengan kedalaman 5 cm. Berikutnya lakukan penyiraman dengan air secukupnya jangan terlalu banyak sebab tanaman ini tak cocok dengan air yang terlalu banyak.

Perawatan

Karena bunga wijaya kusuma dikategorikan dalam tanaman kaktus, itu artinya tanaman ini tak tahan bila terlalu banyak air. Air yang berlebihan dapat menyebabkan bagian akarnya membusuk. Pemupukan pun sangat penting dilakukan secara rutin. Gunakan hanya pupuk organik baik itu pupuk kompos atau pupuk kandang, ini bisa dibaca di Aliciaflorist.com

Berikan secukupnya saja 2 bulan sekali. Yang juga penting dalam perawatan bunga wijaya kusuma adalah penyiangan dengan tujuan menghilangkan gulma. Bila dirasa perlu, boleh juga dilakukan penyemprotan cairan fungsida untuk menghilangkan jamur pengganggu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *